Tugas Individu 3

Berikan penjelasan dan sertai dengan contoh atau alasan untuk mendukung pandangan anda tentang aspek-aspek berikut :

(perhatikan untuk menjelaskan dan bukan menterjemahkan sesuai dengan isi slide)

1. Apa beda tacit knowledge dan explisit knowledge

    Tacit Knowledge berbasis pengalaman serta informasinya adalah berupa penggabugan dari beberapa informasi yang ada, serta lebih mudah disosialisakikan konsepnya. In general, tacit also known as basic foundation to take further action.

    Explisit knowleged, pengetauannya lebih rasionalis serta menghasilkan analisis data yang akurat. Explisit ini mudah didokumentasikan dan dipahami oleh masyarakat umum serta lebih mudah diterapkan untuk lintas budaya yang ada.

    2. Bagaiman proses transfer diantara kedua knowledge tersebut pada orang-orang yang ada di organisasi

      A. Tacit Knowledge dapat ditransfer melalui tipe-tipe proses transfer dibawah ini,
      Serial Knowledge
      Knowledge atau cara yang didapatkan suatu team dalam mengerjakan tugas tertentu dalam kondisi tertentu di tranfer atau digunakan pada waktu lain dalam mengerjakan tugas yang sama dalam kondisi berbeda
      Far Transfer
      Suatu tacit knowledge yang didapatkan suatu team dari pengerjaan suatu pekerjaan yang tidak rutin diatur dalam sistem untuk dimungkinkan untuk digunakan oleh team lain yang mengerjakan pekerjaan serupa di bagian lain organisasi.
      Strategic transfer
      Serangkaian pengetahuan yang kolektif dari organisasi saling berbagi untuk digunakan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan strategic yang memang diperlukan dalam porsi waktu yang jarang tetapi sangat penting secara kritis bagi kelangsungan organisasi.

      B. Explisit Knowledge dapat ditransfer melalui tipe-tipe proses transfer dibawah ini,
      Serial Knowledge
      Knowledge atau cara yang didapatkan suatu team dalam mengerjakan tugas tertentu dalam kondisi tertentu di tranfer atau digunakan pada waktu lain dalam mengerjakan tugas yang sama dalam kondisi berbeda.
      Near transfer
      Suatu eksplisit knowledge (dokumentasi) yang dihasilkan oleh suatu team dari proses kegiatan dan pembelajaran untuk aktifitas yang sering dan berulang di kerjakan yang kemudian digunakan oleh team lain dalam mengerjakan aktifitas pekerjaan yang sama.
      Strategic transfer
      Serangkaian pengetahuan yang kolektif dari organisasi saling berbagi untuk digunakan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan strategic yang memang diperlukan dalam porsi waktu yang jarang tetapi sangat penting secara kritis bagi kelangsungan organisasi.
      Expert transfer
      Suatu team yang mendapatkan permasalahan atau pertanyaan tehnikal yang diluar batasan atau kemampuan team tersebut biasanya mencari para pakar atau ahli di aspek tersebut didalam organisasi untuk membantu.

      Proses transfer knowledge dimulai dari pekerja yang mempunyai knowledge khusus yang belum terstruktur dan belum terdokumentasi yang berada pada masing-masing individu.
      Untuk mentrasfer tacit knowledge ini ke pekerja lain dapat melalui proses sosialisasi, yang didalamnya terdiri dari
      • Observations, proses mengamati.
      • Imitates, proses meniru.
      • Practices, proses mencoba.

      Proses berikutnya adalah merubah Tacit knowledge menjadi Explicit knowledge (Externalization) melalui proses berikut.
      • Penganalogian,
      • Pengkonsepan,
      • Hipotesis atau pembuatan model.

      Proses berikutnya adalah bagaimana Explicit Knowledge yang sudah terbentuk dapat berkembang menjadi Explisit Knowledge lain, proses ini sering disebut Combination Process.

      Proses berikutnya adalah melakukan pengaturan, penyusunan, pengelompokan Explicit Knowledge agar mudah disebarkan dan digunakan, juga melakukan pengkajian external knowledge dan memaparkannya lagi. Proses ini disebut Systemic Knowledge.

      Explicit knowledge diatas harus dimiliki oleh setiap individu sehingga dapat berguna. Sehingga proses berikutnya adalah mengubah knowledge yang eksplisit tersebut menjadi kestuan atau tacit knowledge dari orang-orang yang sesuai. Proses ini dikenal dengan istilah Internalization.

      3.  Jelaskan beda dan struktur perubahdan dari data, informasi dan knowledge

        Data adalah sekumpulan fakta-fakta yang masih belum diolah sehingga belum memiliki arti bagi penerimanya.
        Informasi adalah hasil dari pengolahan data sehingga menjadi bentuk yang penting bagi penerimanya dan memiliki fungsi dalam pengambilan keputusan yang dirasakan akibatnya secara langsung pada saat itu atau pada saat mendatang.
        Knowledge adalah informasi yang kontekstual, relevan dan dapat dilakukan. Secara sederhana, knowledge adalah informasi yang dilakukan.

        4.  Jelaskan beda, maksud dan isi dari 3 model dasar Knowledge management (People, process dan technology)

          People bisa dikategorikan sebagai factor non-teknis yang sangat penting kegunaaannya untuk mengoperasikan suatu proses dan technology itu sendiri. Kedua factor tersebut tidak akan tercapai tanpa adanya people. Sumber utama penyebab kegagalan maupun keberhasilan non teknis sangatlah terkait dengan aspek manusia atau SDM.
          Pada umumnya ketika proses implementasi sistem TI berlangsung, kebanyakan perusahaan terlalu berfokus kepada aspek teknologi dan sehingga melupakan aspek lainnya yaitu people dan process. Fokus yang terlupakan terhadap aspek people dan process, dapat menyebabkan kegagalan jalannya sistem TI tersebut.
          Proses adalah apabila suatu perussahaan memiliki proses bisnis yang jelas, entah itu mengenai deifnisi dari roles (siapa berhak melakukan pekerjaan, misalnya seorang finance assistant harus bisa berfungsi untuk memproses pembayaran karyawan tepat pada waktunya, sehingga karyawan tidak terbengkalai. Proses ini berguna untuk berbagai fungsi bisnis dari sistem yang diimplementasikan.
          Teknology pada dasarnya lebih siap dan praktis karena bukanlah sumber utama dari ketiga factor tersebut. Teknologi diterepkan pada suatu perusahaan akanlah menjadi perhatian utama. Aspek teknologi ini sangat mendukung keberhasilan suatu perusahaan.

          5.  Jelaskan core process dari KM ?

            Knowledge Identification
            Menganalisa dan mendeskripsikan environment knowledge organisasi. Mengidentifikasi pengetahuan eksternal berarti menganalisa dan menjelaskan lingkungan pengetahuan perusahaan. Manajemen pengetahuan efektif untuk itu harus memastikan, menjamin cukup kejelasan eksternal dan internal, dan menolong pegawai untuk menemukan apa yang mereka butuhkan.

            Knowledge Acquisition
            Knowledge acquisition merupakan aktifitas untuk memperoleh pengetahuan baik dari luar misalnya melalui internet, televisi, koran, dan sebagainya maupun dari internal organisasi misalnya belajar lewat pengalaman dan merekam pengetahuan dari karyawan.

            Knowledge Development
            mengelola knowledge yang telah diidentifikasi sebelumnya baik dari dalam maupun luar perusahaan untuk dikembangkan guna menunjang proses penciptaan ide baru dalam pembuatan sistem dimana sistem tersebut dapat digunakan oleh perusahaan dalam pentransferan knowledge untuk menangani proses kerja agar lebih efektif dan efisien.

            Knowledge Sharing
            Setelah proses pembangunan sistem selesai dan menghasilkan sistem yang berguna untuk proses kerja yang efektif dan efisien. Perlu dipastikan para karyawan di perusahaan terbiasa untuk meletakan knowledge yang mereka punya baik dari hasil training atau ide mereka sendiri.

            Knowledge Utilization

            Hasil sharing knowledge dari pikiran – pikiran karyawannya harus dapat diimplementasikan agar berguna bagi suatu perusahaan.

            Knowledge Retention
            semua proses yang dilibatkan dalam penambahan dan pengembangan pengetahuan. Dan mengacu pada proses yang diperlukan untuk meletakkan pengetahuan organisasi ke dalam suatu bentuk agar dapat diakses oleh pihak lain yang membutuhkannya.

            This entry was posted in Tugas Individu Knowledge Management. Bookmark the permalink.

            Leave a Reply

            Your email address will not be published. Required fields are marked *