Tugas Individu 4

Berikan penjelasan dan sertai dengan contoh atau alasan untuk mendukung pandangan anda tentang aspek-aspek berikut :

(perhatikan untuk menjelaskan dan bukan menterjemahkan sesuai dengan isi slide)

1.  Jelaskan beda dari 3 knowledge goal yang ada (Stretegic, operational, normatif)

Strategic Knowledge Goals:

Menggunakan knowledge yang dibutuhkan untuk mendukung perusahaan dalam pencapaiannya meraih pangsa pasar.
-Berdasarkan pandangan knowledge requirement strategic knowledge goal akan menjadi relevan apabila kita mempetimbangkan berbagai macam strategi yang ada
-Diformulasikan sebagai independent goal= akan membantu kita menghasilkan/menempati posisi strategis, selain itu perusahaan dapat memperluas pasar atau menghasilkan produk-produk baru
-Mendefinisikan expercise seperti apa yang kita butuhkan dimasa mendatang
-Memperbolehkan adanya penyesuaian strategis dari suatu organisasi dan management system

Operational Knowledge Goals:

Memudahkan share knowledge yang berhubungan dengan operational sehari-hari.
-Pastikan bahwa knowledge management diimplementasikan pada level operasional
-Terjemahkan knowledge normative dan strategic knowledge goal ke dalam tujuan-tujuan bersifat dan mudah dipraktekan
-Optimalkan infrastruktur knowledge management
-Pastikan bahwa campur tangan yang ada harus sesuai dengan orang-orang yang berpartisipasi pada kegiatan tersebut

Normative Knowledge Goals:

Menjadikan knowledge management sebagai suatu culture atau budaya sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas perusahaan. Dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya :
– Menciptakan kondisi yang baik untuk knowledge oriented strategic target operasional
– Membutuhkan komitmen,kemauan yang penuh dari top management
– Membantu dalam menciptakan kebudayaan perusahaan yang sadar akan knowledge

2.  Jelaskan perbedaan antara knowledge identification dan knowledge acquisition

Identifikasi pengetahuan(Knowledge Identification):

Menganalisa dan mendeskripsikan environment knowledge organisasi. Mengidentifikasi pengetahuan eksternal berarti menganalisa dan menjelaskan lingkungan pengetahuan perusahaan. Manajemen pengetahuan efektif untuk itu harus memastikan, menjamin cukup kejelasan eksternal dan internal, dan  menolong pegawai untuk menemukan apa yang mereka butuhkan.

Penggalian Pengetahun(KnowledgeAcquisition):

Perusahaan mendapatkan bagian-bagian penting dari knowledge dengan cara mengambil sumber-sumber eksternal. Perusahaan dapat juga membeli pengetahuan yang mereka tidak dapat kembangkan untuk diri mereka sendiri dengan merekrut ahli atau memperoleh inovasi/pembaharuan perusahaan teristimewa lainnya.

3.  Jelaskan beda dari 3 pendekatan dalam knowledge identification (Struktural, activities, behavioral)

Struktural

Maksud knowledge struktural adalah knowledge yang dibentuk atau lahir dari struktural organisasi, juga merupakan knowledge yang biasanya hadir dalam bentuk tatanan, aturan dan standar. Bisa juga dilengkapi dengan tata cara mengerjakan setiap pekerjaan atau panduan baik secara teknis pengerjaan maupun tempo pengerjaan.

Activities

Knowledge ini sering disebut juga function knowledge karena disini lebih menggambarkan fungsi atau peran orangnya. Di sini dilakukan pendekatan langsung terhadap pekerja dalam melakukan identifikasi knowledge.

Behavioral.

Knowledge ini melihat aspek dari sisi budaya. Organisasi yang memiliki budaya baik secara tidak disadari akan membangun dan membentuk pola kerja di dalam organisasi tersebut.

4.  Jelaskan bagaiman cara menghasilkan fitur dengan melihat dari knowledge goal dan knowledge identification

Cara menghasilkan fitur dengan melihat knowledge goal dan knowledge identification : Menciptakan kondisi yang baik untuk knowledge oriented strategic target operasional, optimalkan infrastruktur knowledge management, memperbolehkan adanya penyesuaian strategis dari suatu organisasi dan management system.

5.  Apa itu knowledge map ? berikan contohnya ? Untuk tipe knowledge seperti apa (lihat pertanyaan nomor 3) yang cocok untuk knowledge map, berikan penjelasannya.

Knowledge Map adalah suatu gambaran pemetaan akan suatu organisasi berdasar knowledge, dan potensi SDM yang dimiliki oleh suatu organisasi tersebut, dan merupakan tampilan visual dari informasi yang terdapat di suatu perusahaan. Pemetaan knowledge lebih cenderung dilakukan  terhadap tipe knowledge activities dimana hal tersebut dikarenakan fungsi personal lebih terlihat. Contoh Knowledge Map: Website Bank dimana terdapat pemetaan produknya dan aktifitas-aktifitas banking yang ada didalamnya

Tipe knowledge yang cocok dengan knowledge map: tipe knowledge activities, karena bersifat lebih detail ke secara aktifitas dalam mengerjakan setiap pekerjaan atau dalam menjalankan fungsinya.

This entry was posted in Tugas Individu Knowledge Management. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *