Tugas Individu 6 – 0224M

1. Dari setiap stakeholder yang terkait dengan perusahaan, berikan paparan anda knowledge apa saja yang bisa kita integrasikan dalam Knowledge Management perusahaan (lebih baik dalam bentuk contoh)

* Product knowledge

Product knowledge merupakan knowledge repository tentang produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut, meliputi proses produksi, penelitian dan pengembangan (R&D), kompetensi dibandingkan dengan produk dari perusahaan lain, manual pengoperasian dan dokumentasi produk.

Contoh : pengembangan dan penelitian untuk menghasilkan produk yang lebih baik melalui inovasi dan kreatifitas.


* Customer knowledge

Customer knowledge berhubungan dengan tentang peta kekuatan produk di customer dan market, tingkat kepuasan customer, catatan perilaku customer, kebutuhan cutomer, klasifikasi customer.

Contoh , Dell melakukan Customer Centric Selling, dengan langsung mendengarkan kebutuhan dan keinginan customer.

* Managerial knowledge

Managerial knowledge berhubungan dengan keputusan tingkat manajerial dalam memimpin perusahaan, antara lain visi dan misi, penentuan strategi perusahaan, kemampuan menyelesaikan masalah, lebih banyak management knowledge dibandingkan technic knowledge.

Contoh :  Pengambilan keputusan bisnis yang didasarkan pada pengalaman , visi dan misi ,strategi dan goal perusahaan.

2. Berikan paparan dalam menyusun team yang diperlukan dalam membangun sebuah KM. Jelaskan fungsi dan peran dari pemilihan anggota team dan dasarnya

Penyusunan sebuah team untuk  membangun KM bergantung pada individu-individu yang terpilih,

Beberapa kriteria yang dapa dijadikan acuan ,

Pendidikan, background pendidikan sangat mempengaruhi gaya pemikiran dan keputusan, tentunya dipilih individu yang dengan background pendidikan yang baik, sesuai dengan tujuan pembangunan KM.

Pengalaman, faktor pengalaman mempunyai nilai tinggi bagi individu yang memilikinya, seringkali best practice didapatkan melalui pengalaman yang akhirnya akan mempercepat proses pembangunan KM.

Keahlian atau skill, individu yang mempunyai skill tinggi tentunya dapat mengerjakan dan menyelesaikan masalah lebih cepat.

3 . Berikan usulan anda yang jelas untuk membangun kebiasaan sharing di budaya indonesia. Usulan bisa dalam kontek masyarakat, pendidikan, organisasi atau perusahaan.

Budaya sharing dapat dilakukan sejak dini dimulai dari lingkungan kecil seperti keluarga, dimana ditekankan sharing adalah berbagi pengetahuan tanpa harus merasa tersaingi, justru dengan sharing dapat bertukar pikiran dapat mendorong proses kreatif.
Dikarenakan  dinamakan budaya, maka sharing harus dilakukan terus menerus sehingga menjadi sebuah kebiasaan.

Di level perusahaan dapat melakukan langkah-langkah :

  • Membuat suatu sistem KM seperti Intranet Portal ataupun lokal wiki yang isinya merupakan internal dan external knowledge yang sudah dikumpulkan dan dikategorikan untuk mempermudah pencarian,
  • Memberi fasilitas untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan dan memberi kesempatan yang luas dalam menyampaikan pendapat, ide, kritikan, dan komentar ataupun melakukan presentasi.
  • Adanya komitmen dari manajemen melalui kebijakan, anjuran dan memberi teladan (contoh) knowledge sharing dalam berbagai kesempatan. Keteladanan dapat dilakukan melalui pembuktian bahwa dengan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, semua masalah dapat dipecahkan secara lebih mudah, efisien dan cepat. Kepemimpinan dalam KM adalah secara terus menerus dan konsisten memberi inspirasi kepada karyawan tentang aktivitas dan manfaat KM secara nyata bagi semua elemen organisasi.
  • Penghargaan untuk individu yang membagi dan mengembangkan knowledge yang mereka miliki.

4. Berikan paparan perbedaan dan hubungan antara 4 perspektif yang ada dalam Balance Scorecard. Sertakan dengan contoh !!

  • Financial

Cara pandang terhadap sisi keuangan perusahaan yang meliputi pendapatan dan pengeluaran, ROI (return on investment), tingkat penjualan, pertumbuhan market share.

Contoh, meningkatkan penjualan, mengurangi biaya-biaya tak perlu (efesiensi).

  • Customer perspective

Suatu tingkat atau penilaian tentang hubungan dengan pelanggan dilihat dari sudut waktu, kualitas, performance, layanan dan biaya.

Contohnya kecepatan waktu dimulai dari permintaan , pengiriman , penerimaan oleh pelanggan, layanan purna jual, tingkat kepuasan pelanggan.

  • Internal business process perspective

Mengevaluasi ekspektasi yang diharapkan pelanggan dapat terpenuhi melalui perbaikan proses di internal perusahaan tersebut.

Mengukur tingkat keahlian dan produktifitas karyawan, kualitas yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Contoh , meningkatkan skill karyawan , reward dan punishment.

  • Learning & growth perspective

Berhubungan dengan proses pembelajaran, sumber daya manusia dan usaha-usaha perusahaan untuk terus menerus memperbaiki diri dan berkembang.

Untuk mengukurnya dapat melalui peningkatan kualitas dan kuantitas produk, inovasi baru.

Contoh : Update teknologi, character building.

5. Apa saja isi dari sebuah KM yang menurut anda diperlukan oleh perusahaan di Indonesia, berikan alasannya.

  • Sharing Knowldege culture, kebiasaan untuk berbagi tanpa harus takut tersaingi.
  • Management Decision , keputusan management hendakanya bersinkronisasi dengan visi dan misi perusahaan , dan juga berkomitmen untuk mendukung budaya sharing.
  • Fasilitas untuk mengembangkan ide untuk mendorong kreatifitas sehingga dapat membuat inovasi baru.
  • Update teknologi dan sumber pengetahuan, menyesuaikan dengan perkembangan terbaru supaya tidak ketinggalan dengan perusahaan lain
This entry was posted in Tugas Individu Knowledge Management. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *